KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO DESA SINGASARI 2016

KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO DESA SINGASARI 2016

MAHASISWA AMIKOM PURWOKERTO

 

KKL Desa Singasari yang dipelopori oleh 10 Mahasiswa Amikom Purwokerto yang didampingi oleh 1 Dewan Pembimbing Lapanagan (DPL) telah selesai dilaksanakan.Program yang  dimulai dari tanggal 8-20 Agustus 2016 telah dilaksanakan di desa Singsari dengan hasil yang cukup baik, itu terbukti dengan terlaksananya berbagai program kerja yang telah dirancang diawal.Program KKL yang mengusung 4 misi utama yaitu program desa digital,program internet sehat,program video profil desa dan program pendaftaran lokasi desa ke google map semuanya telah terlaksana,walaupun masih banyak kekurangan karena beberapa faktor keterbatasan. Beberapa program yang telah kami laksanakan didesa Singsari mayoritas kita fokuskan ke program pendidikan atau pelatihan komputer di sekolah sekolah didesa Singasari. Hal ini lebih kami prioritaskan demi terciptanya peningkatan kemampuan masyarakat yang nantinya dapat bersaing di dunia kerja dan mampu mengikuti perkembangan zaman yang senantiasa mengalami dinamika perubahan terutama bagi kalangan generasi muda yang harus mendapat perhatian lebih dari sekarang, terutama dalam hal perkembangan teknologi. Oleh karena itu ada beberapa sekolah yang telah kami beri program pelatihan komputer diantaranya di SD N 1 Sigasari,MI Muhammadiyah Singasari, MI Ma’arif  Singasari,dan SMP Muhammadiyah Singasari .

Tidak kalah penting demi terciptanya desa digital yang dengan harapan terus bisa mengikuti proses perkembanagan zaman dan demi terbentuknya desa yang berorientasikan teknologi informasi, Dalam program KKL Singasari kami mengusung program pelatihan Website Desa dan E-Office yang telah dibangun oleh DISHUBKOMINFO kabupaten Banyumas kami berupaya untuk melanjutkan proses pelatihan dan pendampingan ke perangkat desa Singasari dalam pengelolaan dan pemanfaatan Website dan E-Office yang ada. Dengan rentang waktu yang tidak cukup lama kami berusaha untuk memaksimalakan waktu yang ada demi keberhasilan proses pelatihan. Walaupun kami sadar bahwa  belumlah cukup proses pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan karena perlu diadakan juga program evaluasi pengelolaan Website dan E-Office apakah berjalan dengan optimal atau tidak.

Demi terlihatnya dan terpromosikannya potensi potensi desa yang ada, maka program pembuatan profil desa dan pendaftaran lokasi desa ke gogle map merupakan salah satu langkah yang bagus sebagai langkah agar potensi potensi yang ada di desa Singasari dapat ter expose ke masyarakat luar tidak hanya didalam negeri tetapi sampai keluar negeri. Hal akan sangat terasa manfaatnya untuk program program pariwisata ataupun proses promosi produk atau potensi SDA atau SDM yang ada demi meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat didesa Singasari.

Terakhir dalam kaitanya penggunaan teknologi komputer yang ada terutama dalam penggunaan jaringan internet yang semakin hari semakin banyak masyarakat yang melakukan penyalahgunaan internet tidak hanya dari kalangan orang dewasa tetapi kini sudah mulai mermabah ke dunia remaja bahkan sampai anak anak. Mulai dengan penggunaan internet untuk kejahatan atau cybercrime ,pornografi,pelecehan didunia maya atau sosial media  dan masih banyak kasus lainya yang berdampak negatif. Maka program Internet Sehat yang kami  adakan merupakan salah satu langkah kecil untuk melakukan penyuluhan bagi para orang tua dan guru dan masyrakat umum bagaimana penggunaan jaringan internet yang tepat guna,dalam hal ini lebih difokuskan dalam proses pendampingan atau pengawasan kepada anak dalam penggunaan internet. Kami berharap program ini akan bisa membuka kesadaran setiap orang tua dan masyarakat umum dalam rangka pengawasan dan pendampingan penggunaan jaringan internet yang tepat guna terhadap anak anak mereka.

Program KKL didesa Singasari yang telah dilaksanakan merupakan salah satu kontribusi kami sebagai mahasiswa AMIKOM Purwokerto dalam bidang teknologi informasi. Masih banyak kekurangan dan masih banyak hal yang belum bisa kami berikan. Semoga hal ini bisa terus diperbiki ditahun depan dengan program program lain yang telah dievaluasi. Dan perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat demi  keberlanjutan program program IT yang ada demi terwujudnya masyarakat yang berkemajuan yang tidak kalah dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam penutupan sekaligus pelepasan mahasiswa KKL desa Singasari Rifqi Alfathul Adhim selaku ketua kelompok mewakili mahasiswa lainya mengucapkan banyak terimaksih dan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat desa Singsari yang sudah mau menerima kami disesa Singasari ini dan mhon maaf jika masih banyak kekurangan dan kekhilafan selama kita menjalanakan kegiatan KKL ini. Semoga harapanya kedepanya apa yang sedikit kami berikan bisa bermanfaat dan berguna .

Recent Works

KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO DESA SINGASARI 2016

  KKL Desa Singasari yang dipelopori oleh 10 Mahasiswa Amikom Purwokerto yang didampingi ole

latihan admin

perangkat Desa singasari pada hari  kamis tanggal 18 september  2015 sedang melaksanakan p

Komentar

Pencarian

Fasilitas pencarian data.

Terbaru

Populer

Tags

Link

Counter

Hari ini 1   Pengunjung
Minggu ini 27   Pengunjung
Bulan ini 60   Pengunjung
Tahun ini 524   Pengunjung
TOTAL PENGUNJUNG 524   Pengunjung
Post: terjadi 7146   Pembaca